Senin, 17 Januari 2011

Membaca xml di java class

sesuai kata saya saya akan memperlihatkan cara mengenalkan xml yang telah dibuat.
kemarin cara membuat contoh xml menu sudah saya jelaskan....
buat kelas di android project lalu lihat kode di bawah ini:
kelas ini mengextends Activity dan mengImplement OnClickListener (agar dapat menerima input klik)
lalu kita buat variable Button-button yang diperlukan di konstruktor.
di OnCreate kita kenalkan xml kita ke class ini, lihat kode di bawah ini :
pada setContentView kita berikan value xml kita dengan format R."folder di res"."nama xml". contoh saya menyimpan menu.xml di folder Layout dalam res maka kita menulisnya R.Layout.menu
setalah itu dibawahnya kita mengenalkan button2 nya, bisa dilihat di atas, disinilah guna id yang kita tambahkan di xml karena class java membaca id id objek yang ada di xml. jangan lupa berikan .setOnClickListener(this); agar bisa di klik buttonnya.
lalu kita liat method OnClick disinalah kita menuliskan fungsi atau guna button ketika kita di kllik, berikan statement kontrol, disni buttonn dikenali dengan id juga.
di salah satu fungsi button ada tulisan Intent, apa itu Intent? Intent digunakan untuk kita menuju kelas lain misal dari menu menuju kelas about maka kita buat intent yang menuju kelas about dengan format : Intent "variable intent" = new Intent(this, "nama kelas yang dituju".class) misal kita menuju about.java maka kita menulisnya : Intent ab = new Intent(this,about.class); setelah itu jangan lupa menambahkan startActivity(ab); untuk memulainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar